Tugas 5 E - Commerce Prodi Manajemen Universitas Dhyana Pura
5 PERUSAHAAN YANG MENERAPKAN E-COMMERCE
DAN ANALISI SWOT
1. PT.Telkom Indonesia
Penyedia layanan e-Commerce di Indonesia baru mencapai 3%
meski pengguna Internet diperkirakan telah mencapai sebanyak 31 juta orang dan
159 juta orang lainnya Internet berbasis nirkabel. Dengan masih sedikitnya
pemain di e-Commerce maka portal e-Commerce Plasa.Com yang dikelola anak usaha
Telkom PT Metranet diharapkan dapat turut menggairahkan e-commerce di Tanah
Air.
Portal e-commerce Plasa.com yang dikelola oleh anak perusahaan Telkom PT Metranet fokus pada penyelenggaraan tiga layanan, yaitu e-Commerce, Content dan Communication.
Portal e-commerce Plasa.com yang dikelola oleh anak perusahaan Telkom PT Metranet fokus pada penyelenggaraan tiga layanan, yaitu e-Commerce, Content dan Communication.
·
Kelemahan :
Kita tahu pada dasarnya electronic
commerce (e-commerce) adalah sarana pemasaran yang menggunakan media elektronik
(internet), jadi hal yang sangat kita butuhkan adalah layanan dan akses
internet. Keterbatasan akses internet akan menghambat perkembangan e-commerce,
hal yang dulu mengakibatkan terabainya e-commerce, namun sekarang kita dapat
merasakan efek perkembangan internet di Indonesia, akses internet semakin murah
dan cepat, ini terjadi karena persaingan antar provider, dan justru hal inilah
yang akan meningkatkan jumlah pengguna internet.
·
Kekuatan :
Portal e-commerce Plasa.com yang
dikelola oleh anak perusahaan Telkom PT Metranet fokus pada penyelenggaraan
tiga layanan, yaitu e-Commerce, Content dan Communication. Portel itu
diharapkan dapat mendorong pertumbuhan pasar, mengembangkan UKM (Usaha Kecil
Menengah) dalam negeri serta meningkatkan enterpreneurship melalui penyediaan
platform online shopping.
Dalam menyediakan layanan konten, Plasa.com mengembangkan platform sebagai penghimpun konten (content agregator) serta memungkinkan pelanggan menikmati beragam konten, termasuk konten hiburan.
Dalam menyediakan layanan konten, Plasa.com mengembangkan platform sebagai penghimpun konten (content agregator) serta memungkinkan pelanggan menikmati beragam konten, termasuk konten hiburan.
·
Peluang :
Electronic commerce memungkinkan
orang di negara-negara Dunia ketiga dan wilayah pedesan untuk menikmati aneka
produk dan jasa yang akan susah mereka dapatkan tanpa EC. Ini juga termasuk
peluang untuk belajar berprofesi serta mendapatkan gelar akademik.
Perusahaan-perusahaan dapat
menjangkau pelanggan diseluruh dunia. Oleh karena itu dengan memperluas bisnis
mereka, sama saja dengan meningkatkan keuntungan.
·
Ancaman :
Permasalahan dan penghambat
perkembangan e-commerce di Indonesia adalah kebiasaan, masyarakat kita belum
terbiasa untuk melakukan transaksi di dunia maya. Masalah selanjutnya adalah
dari sekian banyak pengguna internet di Indonesia kemungkinan masih banyak yang
belum pernah bertransaksi melalui internet karena belum percaya akan keamanan
transaksi. Apalagi dengan sering terjadinya penipuan di dunia nyata.
Selanjutnya masalah dari belum jelasnya hukum di dunia digital, seperti
bagaimana itu uang digital, tanda tangan digital dan bagaimana hukum yang
berlaku jika terjadi kejahatan.
2.
Lazada
Indonesia
Salah
satu contoh dari perusahaan yang menggunakan E-commerce adalah Lazada
Indonesia. Lazada Indonesia (www.lazada.co.id) lebih berfokus kepada tipe e-commerce B2C atau Business to
Customer karena tujuan utama perusahaan adalah menyerap customer individu yang
melakukan transaksi di situs mereka.
·
Kelebihan :
a.
Pilihan Produk Berkualitas yang
beragam.
Di Lazada Indonesia dapat dijumpai
12 kategori produk utama mulai dari peralatan rumah tangga, Elektronik rumah
tangga, Handphone & Aksesoris, Kamera, Komputer, TV, Video & Audio,
Mainan & Bayi, Kesehatan & Kecantikan, Tas & Koper, Olahraga &
Otomotif, Musik & Instrumen, dan Buku.
b.
Penawaran Khusus atau Promo Produk.
Berbagai penawaran istimewa
dilakukan baik yang tidak bertema maupun yang disesuaikan degan tema. Ini tentu
saja menjadi kelebihan dari belanja online karena eksekusi promo secara
bersamaan antar tema dalam e_commerce lebih mudah dilakukan disbanding di dalam
toko fisik.
c.
Layanan Super Untuk Raja
Di dunia online anda adalah raja karena anda tinggal pencet telepon bila ingin menanyakan produk, atau complain mengenai layanan, anda tinggal klik, barang diantar, anda tinggal pilih model pembayaran, atau bahkan anda tinggal minta jam berapa barang harus diantar ke rumah anda, dll. Tidak perlu repot dengan senua hal yang ada dalam belanja konvensional.
Di dunia online anda adalah raja karena anda tinggal pencet telepon bila ingin menanyakan produk, atau complain mengenai layanan, anda tinggal klik, barang diantar, anda tinggal pilih model pembayaran, atau bahkan anda tinggal minta jam berapa barang harus diantar ke rumah anda, dll. Tidak perlu repot dengan senua hal yang ada dalam belanja konvensional.
·
Kelemahan :
Barang tidak bisa dipegang secara
langsung, kadang barang tersebut tidak sesuai dengan yang kita inginkan / beda
dengan yang ditampilkan.
·
Peluang :
Dapat menghasilkan produk baru yang
banyak diminati customer / permintaan dari customer, jika produk sesuai, bagus
dan memuaskan konsumen otomatis akan laris terjual.
·
Ancaman :
Dikhawatirkan adanya pembuatan
website palsu, persaingan harga, kualitas, persaingan secara global, tidak
adanya jaminan bahwa transaksi e-commerce terbebas dari upaya
perusakan/pemanipulasian data dan tentu akan berdampak pada berkembangnya
aktivitas ekonomi.
3.
Perusahaan Carefour
Kita bisa mengambil contoh penerapan
e-commerce ini pada perusahaan ritel yaitu Carefour, bagaimana Carefour ikut
memanfaatkan internet untuk mendukung kegiatan bisnis mereka. Carefour memiliki
web pribadi yang berisi tentang perusahaan mereka dan juga data-data atau
produk apa yang mereka tawarkan serta adanya informasi-informasi seperti diskon
atau promo-promo lainnya, disamping itu juga Carefour menyiapkan pelayanan
pesan antar bagi para pelanggannya untuk mengakses atau berbelanja via online.
Sistem pembayaran yang Carefour tawarkan dengan e-commerce hampir sama dengan pada
umumnya yaitu menggunakan credit card dan dengan keamanan yang terjaga dan aman
dari tindakan criminal.
·
Kelebihan :
1)
Pemimpin pasar( Market Leader)
2)
Keberanian untuk memasukan
pasar yang disuport oleh partner joint venture
3) Kualitas toko yang tinggi dengan
didasarkan pada basis pelanggan yang cukup besar
4)
Bisnis retail terbesar kedua di
dunia dan bisnis retail terbanyak secara international
5)
Merk yang kuat diberbagai segmen
pasar
6)
Pemimpin dunia didalam bisnis
hypermarket
7)
Perkembangan e-commerce yang menjadi
trend saat ini
·
Kelemahan :
1. Permintaan yang besar tergantung pada pasar
2. Kurang
memperhatikan aspek etika bisnis yang telah ditetapkan KPPU (Komisi Pengawas
Persaingan Usaha)
·
Peluang :
1. Memperluas
area produk dan pelayanan melalui diperluasnya area layanan produk
2. Pertumbuhan
penduduk mengakibatkan meningkatnya kebutuhan akan mengkonsumsi barang secara
instant
·
Ancaman :
1. Yang ancaman pasarnya tidak dapat mendukung
lebih banyak outlet
2. Krisis ekonomi global menyebabkan penurunan
transaksi perdagangan
3. Tidak
diketahuinya pajak yang ditetapkan oleh tiap barang karena pajak dibebankan
kepada perusahaan.
4. Kerugian
kompetitif yang diakibatkan oleh munculnya berbagai macam retail-retail bar
4.
Gramedia Online
Gramedia merupakan salah satu toko
buku terbesar di Indonesia. Sekarang melayani penjualan buku dengan cara
e-commerce (secara online). Kategori yang ditawarkan secara online juga
beragam, fiksi, nonfiksi, buku anak-anak, buku masak dll. Bisnis penjualan buku
secara online ini sepertinya akan menjadi bisnis yang menjanjikan di masa
mendatang. Mengingat besarnya jumlah penduduk dan semakin banyaknya pengguna internet
di Indonesia. Didukung dengan infrastruktur internet yang semakin baik dari
waktu ke waktu.
Memang pada umumnya masyarakat Indonesia masih ingin melihat dan memegang barang sebelum membelinya. Tetapi memang diperlukan waktu agar mereka terbiasa dengan pembelian buku secara online. Sepertinya nantinya masyarakat akan terbiasa dengan melakukan transaksi secara online seperti ini.
Memang pada umumnya masyarakat Indonesia masih ingin melihat dan memegang barang sebelum membelinya. Tetapi memang diperlukan waktu agar mereka terbiasa dengan pembelian buku secara online. Sepertinya nantinya masyarakat akan terbiasa dengan melakukan transaksi secara online seperti ini.
Kalau di lihat dari sudut pandang
gramedia, maka mereka melakukan sell side e-commerce. Letak e-commerce yang dilakukan
pada perusahaan mereka sendiri. Menurut saya penjualan buku online yang
dilakukan gramedia ini ber tipe Business to Consumer (B2C). Mereka seharusnya
tidak akan melakukan penjualan buku B2B secara online. Karena seperti yang kita
ketahui mereka juga merupakan salah satu distributor terbesar yang ada di
Indonesia.
Mengapa e-commerce diperlukan di gramedia?
Karena dengan menerapkan e-commerce, maka mereka dapat mengurangi cost yang dipakai untuk toko gramedia, terutama pegawai dan luas wilayah yang dibutuhkan. Mereka juga dapat meningkatkan penjualan, karena lebih mudah dalam pemesanan.
Karena dengan menerapkan e-commerce, maka mereka dapat mengurangi cost yang dipakai untuk toko gramedia, terutama pegawai dan luas wilayah yang dibutuhkan. Mereka juga dapat meningkatkan penjualan, karena lebih mudah dalam pemesanan.
Pembelanjaan secara online
mempermudah mereka yang tidak mempunyai waktu. Pencarian yang dilakukan juga
terkadang lebih mudah, customer juga tidak akan membuang effort yang banyak
jika ternyata buku yang dicari tidak tersedia. Karena mereka cukup melakukan
pencarian secara online. Bayangkan jika mereka harus mendatangi toko gramedia
terdekat untuk mencari buku tertentu, dan ternyata buku tersebut out of stock.`
·
Kelebihan :
Kekuatan meliputi kemampuan
internal, sumber daya, dan faktor situasional positif yang dapat membantu
perusahaan melayani pelanggannya dan mencapai tujuannya (Kotler &
Armstrong, 2008:64). Kekuatan Gramedia yang pertama terletak pada kelengkapan
produk yang tersedia, dengan menyediakan produk yang beragam dan berkualitas
maka Gramedia dapat memenuhi kebutuhan para konsumen. Sehingga diharapkan
kebutuhan konsumen yang beragam dapat terpenuhi ketika mereka berbelanja di
Gramedia
Selain itu Gramedia juga berusaha
menawarkan harga yang bersaing demi kepuasan para konsumen, frekuensi pemberian
diskon juga menjadi salah satu kekuatan, sebab tidak dapat dipungkiri bahwa
diskon menjadi daya tarik tersendiri.
Selanjutnya yang menjadi kekuatan
utama bagi Gramedia adalah citra merek dan reputasi yang sangat baik, menurut
Damanik (2010) hal ini dibuktikan dengan gelar Top Brand Award 2010
yang berhasil dipertahankan oleh Gramedia Bookstore. Acara yang diselenggarakan
oleh Majalah Marketing dan Frontier Consulting Group tersebut
menobatkan Gramedia Bookstore sebagai toko buku paling dikenal oleh
publik, dengan Top Brand Index (TBI) sebesar 78,1. Berdasarkan
index tersebut, merek Gramedia memang begitu lekat di hati masyarakat sehingga
sekitar 78,1% dari 2.400 responden di enam kota besar di Indonesia memilih
Gramedia sebagai merek paling top. Merek Gramedia menempati top of mind di
masyarakat, memiliki market share yang tinggi, dan memiliki
pelanggan dengan tingkat loyalitas yang tinggi.
·
Kelemahan :
Pelayanan operasional online Gramedia
yang hanya terbatas pada hari Senin – Jumat, pukul 08.00 – 17.00 WIB saja.
Sehingga pada malam hari dan weekend, situs onlineGramedia
tersebut tidak beroperasi. Kondisi tersebut akan menyulitkan konsumen yang
ingin melakukan transaksi pada malam hari atau pada hari Sabtu atau Minggu,
misalnya seperti orang-orang yang sibuk dan tidak memiliki cukup waktu untuk
bertransaksi pada jam kerja.
·
Peluang :
Dalam era globalisasi sekarang ini,
internet telah menjadi bagian dari setiap kehidupan masyarakat, penggunaan
internet secara positif mampu memberikan banyak manfaat kepada penggunanya.
Banyak informasi yang didapat dari internet, bahkan internet juga telah
dijadikan media bisnis seperti penjualan barang secara online, dan
juga media pembelajaran. Hal tersebut yang kemudian menciptakan suatu produk
yang disebut e-book atau electronic book, yaitu
buku yang berupa soft copy dan umumnya berupa file PDF. E-book juga
disebut paperless book, karena penggunaannya harus melalui media
ekektronik seperti computer, laptop, atau notepad.
Bisa dikatakan bahwa saat ini sudah banyak masyarakat yang menggunakan e-book sebagai
bahan bacaan mereka. Gramedia Bookstore dalam situasi ini berpeluang untuk turut
menyediakan e-book bagi konsumennya, hal tersebut akan menjadi
hal baru bagi Gramedia Bookstore, sehingga tidak hanya menyediakan buku dalam
bentuk hard copy, namun juga menyediakan e-book.
·
Ancaman :
Penjualan buku melalui media internet
kini juga telah marak di masyarakat. Meskipun Gramedia Bookstore juga memiliki
situs online, namun keberadaan situs penjualan buku online lainnya
juga dapat menjadi ancaman bagi Gramedia Bookstore, seperti contohnya Amazon,
Ebay, Kaskus, dll. Dalam hal ini Gramedia Bookstore harus memiliki cara
tertentu agar konsumen lebih memilih untuk berbelanja di situs online Gramedia
daripada situs lainnya, misalnya seperti prosedur pembelian dan pembayaran yang
mudah.
Situs penjualan buku online yang
telah disebutkan di atas tidak hanya menjual buku namun e-book,
sedangkan untuk saat ini Gramedia Bookstore belum menyediakan produk
berupa e-book. Tentu saja kondisi tersebut menjadi ancaman bagi
Gramedia Bookstore. Pihak manajemen perlu menerapkan strategi yang baik dalam
menyiasati setiap ancaman yang ada agar tidak timbul kerugian.
5.
Toko Bagus
Situs yang sedang gencar-gencarnya
menayangkan iklannya di hampir semua stasiun televisi swasta ini semakin
menambah lebar skala penggunanya. Meskipun sebetulnya sangat banyak toko-toko
online yang serupa dengan toko bagus tapi tidak di
pungkiri juga sudah banyak sekali
para pelaku pasar yang mencoba menjajakan barang dagangannya via online dengan
memasang iklan di www.tokobagus.com.
·
Kelebihan :
a.
Toko bagus ini mudah diakses dalam hal mendaftar, menjual termasuk pasang
iklan, ataupun membeli.
b.
Dapat diakses via hand phone juga.
c.
Mudah ditemukan di search engine umum, seperti Bing dan Google
d.
Tampilan dan toolbar mudah diakses untuk menentukan pilihan.
e.
Tampilan web juga rapi.
·
Kelemahan :
a.
Pilihan bahasa pada web hanya bahasa Indonesia.
b.
Tidak bisa mencangkup wilayah internasional.
c.
Dari para komentator/testimonial rawan terjadi kasus penipuan.
·
Peluang :
a.
Website menggunakan bahasa Indonesia.
b.
Mencangkup seluruh provinsi di Indonesia.
c.
Orang yang ingin menjual barang harus mendaftarkan diri menjadi member,
sedangkan orang yang ingin membeli cukup dengan meng-klik gambar untuk
mendapatkan informasi barang yang dijual.
d.
Dapat terhubung via facebook dan twitter.
·
Ancaman :
a.
Banayaknya pesaing baru penyedia iklan yang lain.seperti kaskus dan
berniaga
Comments
Post a Comment