Tugas 8 E - Commerce Prodi Manajemen Universitas Dhyana Pura
Definisi Perilaku Konsumen, Riset Pasar, dan CRM(Customer Relationship Management)
1. PERILAKU KONSUMEN
Definisi Perilaku Konsumen
Perilaku konsumen adalah proses yang dilalui oleh seseorang/
organisasi dalam mencari, membeli, menggunakan, mengevaluasi, dan membuang
produk atau jasa setelah dikonsumsi untuk memenuhi kebutuhannya. Perilaku
konsumen akan diperlihatkan dalam beberapa tahap yaitu tahap sebelum pembelian,
pembelian, dan setelah pembelian. Konsumen dapat merupakan seorang individu
ataupun organisasi, mereka memiliki peran yang berbeda dalam perilaku konsumsi,
mereka mungkin berperan sebagai initiator, influencer, buyer, payer atau user.
Dalam upaya untuk lebih memahami konsumennya sehingga dapat
memenuhi kebutuhan dan keinginan konsumen, perusahaan dapat menggolongkan
konsumennya ke dalam kelompok yang memiliki kemiripan tertentu, yaitu
pengelompokan menurut geografi, demografi, psikografi, dan perilaku.Perilaku
konsumen mempelajari di mana, dalam kondisi macam apa, dan bagaimana kebiasaan
seseorang membeli produk tertentu dengan merk tertentu. Kesemuanya ini sangat
membantu manajer pemasaran di dalam menyusun kebijaksanaan pemasaran
perusahaan. Proses pengambilan keputusan pembelian suatu barang atau jasa akan
melibatkan berbagai pihak, sesuai dengan peran masing-masing.
2. RISET PASAR
-Riset Primer : Adalah riset yang bertujuan mengumpulkan informasi atau data yang berasal dari analisis penjualan terkini dan efektivitas yang sedang dipraktekkan sekarang.
Riset pasar adalah sesuatu yang sangat penting dalam bisnis
sebab dengan riset pasar akan diketahui apa saja yang diperlukan pasar atau
masyarakat dan juga mengetahui para pesaing bisnis. Dengan diketahuinya apa
saja yang diperlukan pasar atau masyarakat dan juga mengetahui para pesaing
bisnis. Dengan diketahuinya apa saja yang dibutuhkan oleh pasar dan juga
pesaing yang ada dapat membuat produk ataupun jasa yang seseuai dengan pasar
dan dapat membuat produk atau jasa dapat bersaing di pasaran. Dengan riset
pasar dapat diketahui pula siapa saja yang membutuhkan produk atau jasa yang
ditawarkan,dimana produk atau jasa tersebut dibutuhkan, dan kualitas produk
seperti apa yang dibutuhkan para konsumen. Dan dapat juga diketahui seberapa
besar permintaan dan potensi permintaan, kapan permintaan tersebut memuncak dan
kapan permintaan tersebut menurun dari konsumen. Sehingga akan mempermudah saat
merencanakan strategi bisnis dan dapat menghasilkan keuntungan yang besar atau
optimal. Bisa dibilang riset pasar adalah otak dalam berbisnis, sebab inilah
yang menentukan kemana langkah strategi dalam berbisnis.
Jenis-Jenis Riset Pasar :
Dari hasil riset pasar
tersebut kamu dapat menggunakannya untuk menciptakan sebuah usaha dan juga
rencana pemasaran atau kesuksesan rencana bisnis yang telah disusun. Perlu
diketahui terdapat jenis-jenis riset pasar, diantaranya sebagai berikut :
-Riset Primer : Adalah riset yang bertujuan mengumpulkan informasi atau data yang berasal dari analisis penjualan terkini dan efektivitas yang sedang dipraktekkan sekarang.
3. CRM (CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT)
Customer Relationship Management adalah sebuah sistem informasi yang terintegrasi yang digunakan untuk merencanakan, menjadwalkan, dan mengendalikan aktivitas-aktivitas prapenjualan dan pascapenjualan dalam sebuah organisasi. CRM melingkupi semua aspek yang berhubungan dengan calon pelanggan dan pelanggan saat ini, termasuk di dalamnya adalah pusat panggilan (call center), tenaga penjualan (sales force), pemasaran, dukungan teknis (technical support) dan layanan lapangan (field service). untuk meningkatkan pertumbuhan jangka panjang dan profitabilitas perusahaan melalui pengertian yang lebih baik terhadap kebiasaan (behavior) pelanggan. CRM bertujuan untuk menyediakan umpan balik yang lebih efektif dan integrasi yang lebih baik dengan pengendalian return on investment (ROI) di area ini. CRM mencakup metoda dan teknologi yang digunakan perusahaan untuk mengelola hubungan mereka dengan pelanggan. Informasi yang disimpan untuk setiap pelanggan dan calon pelanggan dianalisa dan digunakan untuk tujuan ini. Proses otomasi dalam CRM digunakan untuk menghasilkan personalisasi pemasaran otomatis berdasarkan informasi pelanggan yang tersimpan di dalam sistem. Customer relationship management adalah strategi tingkat korporasi, yang berfokus pada pembangunan dan pemeliharaan hubungan dengan pelanggan. Beberapa paket perangkat lunak telah tersedia dengan pendekatan yang berbeda-beda terhadap CRM. Bagaimanapun, CRM bukanlah teknologi itu sendiri, tapi ia adalah pendekatan holistik terhadap falsafah organisasi, yang menekankan hubungan yang erat dengan pelanggan. CRM mengurus filosofi organisasi pada semua tingkatan, termasuk kebijakan dan proses, customer service, pelatihan pegawai, pemasaran, dana manajemen sistem dan informasi
Comments
Post a Comment