Tugas 10 E - Commerce Prodi Manajemen Universitas Dhyana Pura
Sebutkan Nama dan Produk Utama Multi Level yang telah anda kenal!
Oriflame
berdiri sejak tahun 1967 oleh dua bersaudara cowok, Jonas & Robert
f. Jochnick. Mereka ingin menciptakan perusahaan kosmetik yang
menawarkan jenis yang berbeda dari yang telah ada pada waktu itu : salah
satunya berbahan dasar alami. Mereka juga ingin memulai metode
distribusi produk baru yang inovatif, yaitu menjual produk yang
dihasilkannya langsung kepada pelanggan. Oriflame merupakan pelopor
“tidak diuji cobakan pada hewan”, jauh sebelum industri lain melakukan
hal ini.
Hanya dalam 2
tahun perusahaan berkembang ke finlandia, denmark dan norwegia &
pada pertengahan tahun 80an oriflame telah digunakan oleh wanita di
negara-negara yang sangat jauh seperti di indonesia. Untuk memenuhi
permintaan, pabrik oriflame yang pertama didirikan di dublin, irlandia
pada tahun 1979. Ini membuat perusahaan makin dapat fokus pada
pengembangan formulasi perawatan kulit, kosmetika yang terbukti efektif
& aman, serta berbahan dasar alami.
Pembukaan
cabang di eropa timur pada tahun 1990 memberikan peluang besar bagi
oriflame untuk menguasai pasar dengan kualitas produk, harga yang
terjangkau serta sistem penjualan yang unik. Pabrik kedua di warsawa pun
didirikan pada tahun 1995 untuk memenuhi permintaan yang meningkat
secara drastis.
Tahun 90an
telah menunjukan perkembangan spektakuler di sejarah perusahaan – total
perusahaan naik hingga 500 % menjadikan oriflame sebagai perusahaan
dengan penjualan langsung yang paling cepat berkembang di dunia.
Nah oriflame
sendiri masuk ke indonesia tahun 1987 dan terbukti bisa bertahan di
gelombang tsunami krisis inflasi pada sekitar tahun 1998. Malahan
sekarang perusahaannya bertambah besar dengan jumlah konsultan yang
terus bertambah. Oriflame di indonesia ( diwakili oleh PT. ORINDO ALAM
AYU) pun masuk dalan APLI (asosiasi penjualan langsung indonesia) sejak
tanggal 11 juni 1993. Bukan perusahaan yang main-main yang bisa
bergabung dalam APLI. Harus jelas produknya, bisa dipertanggungjawabkan
& posirif bukan money game.
- Tiens (Tianshi)
Tianshi
didirikan pada tahun 1992 oleh Li Jin Yuan di Tianjin, China. Tiens
Group Co, Ltd. (Grup TIENS) memasuki pasar internasional pada tahun 1998
dan berhasil didaftarkan di bursa saham NASDAQ pada bulan September
2003 dan secaSra resmi tercatat di bursa saham Amerika, AMEX pada bulan
April 2005. Sejak saat itu, saham Tianshi diperdagangkan dengan symbol
TBV (Tiens Biotech Group Inc.). TIANSHI adalah perusahan multinasional
yang bergerak di bidang retail, pariwisata, keuangan, perdagangan
internasional, dan e-bisnis. Tianshi menawarkan gaya hidup berkualitas
tinggi disertai kesehatan, kebahagiaan, dan kesejahteraan melalui
produk-produk makanan kesehatan, perawatan kesehatan, perawatan
kecantikan, dan perawatan rumah tangga. Dalam kurun waktu 13 tahun
Tianshi telah mengembangkan sayap bisnisnya di lebih dari 190 negara.
Untuk mendukung perkembangan bisnisnya dan melayani 16 juta konsumen di
seluruh dunia, Tianshi telah pula membuka cabang atau perwakilan di 110
negara dan kawasan.Tianshi juga telah menjalin aliansi strategis dengan
perusahaan-perusaahan kelas dunia di lebih dari 20 negara. Tianshi
memiliki tim internasional dalam bidang penelitian, inovasi dan
profesionalisme yang didukung oleh 5.000 eksekutif dan lebih dari 35%
karyawan yang bergelar di atas master.
Mr. Li jin
Yuan telah mencanangkan Tianshi memasuki kelompok 500 Perusahan Terbaik
di dunia yang dikenal dengan sebutan Fortune 500. Untuk mewujudkan
langkah besar tersebut, Li jin Yuan menerapkan teori interaksi enam
jaringan (six network interaction theory), new swap and alternative
theory, dan new supermarket theory. Selain itu, Tianshi ikut aktif
memberikan bantuan kepada masalah-masalah kemanusiaan di berbagai
Negara. Total nilai donasi Tianshi telah mencapai 1,384 miliar RMB,
sekitar 200 juta dolar Amerika (sekitar Rp 1,86 triliun) yang disalurkan
kepada korban bencana dan berbagai kegiatan amal untuk kesejahteraan
masyarakat di di seluruh dunia.
Visi : Berada di deretan terdepan dalam industri penjualan langsung dunia.
Misi
: Menyediakan bagi para konsumen dunia produk berkualitas dan kesempatan
pendidikan dan kesejahteraan, meningkatkan kualitas hidup, dan
membangun sebuah masyarakat internasional yang harmonis.
Filosofi Bisnis : Memberi kontribusi kepada masyarakat dengan memulihkan
kesehatan umat manusia.
Perusahaan
berteknologi tinggi, Tianshi Group berdiri pada tahun 1992. Tianshi
Group berkantor pusat di Henderson Centre Beijing dan memiliki pabrik di
pusat Industri Teknologi Modern Tianjin dengan bangunan seluas 120.000
m2 di atas tanah seluas 68.000 m2.Pada tahun 1995, Tianshi mengadopsi
system network marketing yang membuat peningkatkan omset penjualan dari
630 juta Yuan (88,20 juta dolar AS) pada 1997 menjadi 2,12 miliar Yuan
(297 juta dolar Amerika) dalam waktu setahun, naik lebih dari dua kali lipat.Tahun
1998, Tianshi mulai berekspansi ke pasar internasional. Tianshi membuka
kantor pemasaran ke beberapa Negara utama di dunia seperti Amerika
Serikat, Kanada, Rusia, Asia Pasifik, dan kawasan Eropa.Pada
tahun 2001, Tianshi membuka kantor pemasaran di Indonesia. Saat ini,
jaringan pemasaran Tianshi sudah meliputi di lebih dari 190 negara.Tahun
2007, Tianshi mengembangkan Supermarket MLM pertama di dunia dengan
image Banner Store. Di Indonesia, Banner Store sudah dibuka di enam
kota: Jakarta, Surabaya, Denpasar (Bali), Bandung, Medan, dan Pekanbaru.
Rencananya, di setiap kota dimana ada kantor Tianshi akan dibuka Banner
Store. Saat ini sudah ada sekitar 13 kantor Tianshi di 13 kota besar di
Indonesia. Tianshi merencanakan membuka lebih dari 1000 Banner Store di
seluruh dunia.
Presiden
Tianshi Li Jin Yuan telah menetapkan strategi untuk membawa Tianshi
Group masuk dalam jajaran 500 perusahaan terbesar di dunia, Fortune
500.Tianshi bekerjasama dengan Microsoft dalam mengembangkan produk
Kartu Multifungsi (e-wallet) yang akan mendukung perkembangan bisnis
para anggotanya.Tianshi berkerjasama dengan perusahaan lokal untuk
mengembangkan dan memasarkan produk-produk lokal yang berkualitas dunia
ke pasar internasional.Bersama WHO melakukan pengembangan penelitian
produk yang dapat membantu dan mencegah penyebaran penyakit AIDS.
- K-Link
K-Link
Indonesia adalah salah satu anak perusahaaan dari K-Link International,
sebuah perusahaan yang telah berkembang dan beroperasi di 46 negara.
Kami bangga menjadi perusahaan penjualan langsung yang giat, idealis,
dan strategis, dengan tujuan menciptakan situasi ‘win-win’ untuk
distributor, pelanggan, staf, mitra dagang dan rekan bisnis kami.Kami
beroperasi di dalam industri yang sangat kompetitif dan menantang, yang
terus-menerus berkembang. Oleh karena itu, sangat penting bagi kami
untuk tidak berhenti pada pencapaian kami. Kami terus mengembangkan
metode baru dan sarana untuk kemajuan yang berkelanjutan, memberikan
para distributor dan pelanggan di seluruh dunia kepercayaan dan
keyakinan bahwa K-LINK benar-benar ‘Your Global Link’.
Produk dan
bisnis yang kami jalani merupakan yang terbaik di industri ini. ‘Unity
is Power’ merupakan landasan yang kami jadikan haluan untuk menjalankan
bisnis yang sangat menguntungkan ini. Kami selalu percaya bahwa
keberhasilan dapat diraih dengan kerja sama tim yang sangat kuat. Budaya
seperti inilah yang selalu kami upayakan untuk tumbuh dalam perusahan
kami. Produk kami terdiri atas produk suplemen kesehatan, perawatan
tubuh, kecantikan, UIE, serta beberapa produk perawatan kendaraan
bermotor dan rumah tangga. Beberapa dari produk kami yang sudah banyak
dikenal masyarakat antara lain, K-Liquid Chlorophyll, K-OmegaSqua Plus
dan Ayurveda Series.
K-LINK
memiliki sistem yang terbukti mampu menaikan kemampuan para Distributor,
agar dapat berhasil di bisnis yang menguntungkan ini. Dengan lebih dari
2,4 juta anggota membuktikan bahwa K-Link Indonesia merupakan salah
satu perusahaan Multi Level Marketing terbesar di Indonesia. Kami terus
tumbuh dan berkembang dan terus berusaha untuk menjadi perusahaan Multi
Level Marketing yang dominan di Indonesia.
- CNI
PT Citra
Nusa Insan Cemerlang (PT CNI) berhasil berkarya hingga mencapai usia 30
tahun di bumi Indonesia. Sebuah pencapaian yang patut disyukuri
sekaligus menandakan kematangan dan kemantapan suatu perusahaan yang
solid. Sungguh …suatu Langkah Pasti !CNI lahir di Bandung pada tanggal 1
Oktober 1986 dengan produk pertamanya Sun Chlorella A dari jepang.
Sejalan dengan waktu, CNI terus memasarkan produk•roduknya yang
berkualitas tinggi. Hingga kini, CNI juga telah memiliki puluhan kantor
cabangdan cabangpembantu,serta ratusan Distribution Center yang tersebar
di seluruh Nusantara.
Bekerja sama
dengan PT Sukses Abadi Farmindo yang berlokasi di Tangerang dengan luas
12.600 m2 dan telah memiliki standar Hazard’s Analysis Critical Control
Point (HACCP) & Cara Pembuatan Obat yang Baik ((P013), sudah lebih
dari 8o% produk CNI diproduksi di dalam negeri. Beberapa produknya
bahkan sudah diekspor ke manca negara.Dalam
rangka memperluas jaringan di pasar internasional, didirikanlah CNI
Corporation di Malaysia untuk melakukan ekspansi ke manca negara.
seperti Singapura, Hong Kong, India, Brunei, Filipina, Taiwan, Cina,
Nigeria dan Thailand. Segera menyusul negara-negara lainnya.Untuk
menunjang kualitas produk, CNI Corporation telah mendirikan pusat riset
dan penelitian di berbagai negara. Untuk menunjang produksi di luar
negeri, CNI juga telah membangun pabrik-pabrik di Malaysia, Cina dan
Taiwan.
- Amway
Berawal
dari dua sahabat di Michigan Barat yang memiliki impian untuk
memperbaiki kehidupan keluarga mereka. Kedua sahabat ini, Jay Van Andel
dan Rich De Vos, memulai bisnis mereka di tahun 1950 dengan menjual
produk suplemen kesehatan NUTRILITE dari pintu ke pintu.Apa
yang mereka temukan 50 tahun lalu, ternyata berlaku hingga saat ini,
yakni Manusia dan Hubungan diantara mereka adalah inti kesuksesan suatu
bisnis. Dengan membangun kepercayaan konsumen, bisnis Nutrilite mereka
tumbuh. Tahun 1959, Rich, Jay dan beberapa sahabat mereka mencari ide
produk baru untuk pengembangan usaha. Hasilnya adalah produk pembersih
rumah pertama Amway, saat ini dikenal sebagai LOC (Liquid Organic
Cleanser) Multi-Purpose Cleaner, yang menjadi kisah sukses penjualan dan
membuka sebuah peluang besar
Comments
Post a Comment