Tugas 10 E - Commerce Prodi Manajemen Universitas Dhyana Pura

Sebutkan Nama dan Produk Utama Multi Level yang telah anda kenal!

 
1. Oriflame
Oriflame berdiri sejak tahun 1967 oleh dua bersaudara cowok, Jonas & Robert f. Jochnick. Mereka ingin menciptakan perusahaan kosmetik yang menawarkan jenis yang berbeda dari yang telah ada pada waktu itu : salah satunya berbahan dasar alami. Mereka juga ingin memulai metode distribusi produk baru yang inovatif, yaitu menjual produk yang dihasilkannya langsung kepada pelanggan. Oriflame merupakan pelopor “tidak diuji cobakan pada hewan”, jauh sebelum industri lain melakukan hal ini.
Hanya dalam 2 tahun perusahaan berkembang ke finlandia, denmark dan norwegia & pada pertengahan tahun 80an oriflame telah digunakan oleh wanita di negara-negara yang sangat jauh seperti di indonesia. Untuk memenuhi permintaan, pabrik oriflame yang pertama didirikan di dublin, irlandia pada tahun 1979. Ini membuat perusahaan makin dapat fokus pada pengembangan formulasi perawatan kulit, kosmetika yang terbukti efektif & aman, serta berbahan dasar alami.
Pembukaan cabang di eropa timur pada tahun 1990 memberikan peluang besar bagi oriflame untuk menguasai pasar dengan kualitas produk, harga yang terjangkau serta sistem penjualan yang unik. Pabrik kedua di warsawa pun didirikan pada tahun 1995 untuk memenuhi permintaan yang meningkat secara drastis.
Tahun 90an telah menunjukan perkembangan spektakuler di sejarah perusahaan – total perusahaan naik hingga 500 % menjadikan oriflame sebagai perusahaan dengan penjualan langsung yang paling cepat berkembang di dunia.
Nah oriflame sendiri masuk ke indonesia tahun 1987 dan terbukti bisa bertahan di gelombang tsunami krisis inflasi pada sekitar tahun 1998. Malahan sekarang perusahaannya bertambah besar dengan jumlah konsultan yang terus bertambah. Oriflame di indonesia ( diwakili oleh PT. ORINDO ALAM AYU) pun masuk dalan APLI (asosiasi penjualan langsung indonesia) sejak tanggal 11 juni 1993. Bukan perusahaan yang main-main yang bisa bergabung dalam APLI. Harus jelas produknya, bisa dipertanggungjawabkan & posirif bukan money game.
  1. Tiens (Tianshi)
Tianshi didirikan pada tahun 1992 oleh Li Jin Yuan di Tianjin, China. Tiens Group Co, Ltd. (Grup TIENS) memasuki pasar internasional pada tahun 1998 dan berhasil didaftarkan di bursa saham NASDAQ pada bulan September 2003 dan secaSra resmi tercatat di bursa saham Amerika, AMEX pada bulan April 2005. Sejak saat itu, saham Tianshi diperdagangkan dengan symbol TBV (Tiens Biotech Group Inc.). TIANSHI adalah perusahan multinasional yang bergerak di bidang retail, pariwisata, keuangan, perdagangan internasional, dan e-bisnis. Tianshi menawarkan gaya hidup berkualitas tinggi disertai kesehatan, kebahagiaan, dan kesejahteraan melalui produk-produk makanan kesehatan, perawatan kesehatan, perawatan kecantikan, dan perawatan rumah tangga. Dalam kurun waktu 13 tahun Tianshi telah mengembangkan sayap bisnisnya di lebih dari 190 negara. Untuk mendukung perkembangan bisnisnya dan melayani 16 juta konsumen di seluruh dunia, Tianshi telah pula membuka cabang atau perwakilan di 110 negara dan kawasan.Tianshi juga telah menjalin aliansi strategis dengan perusahaan-perusaahan kelas dunia di lebih dari 20 negara. Tianshi memiliki tim internasional dalam bidang penelitian, inovasi dan profesionalisme yang didukung oleh 5.000 eksekutif dan lebih dari 35% karyawan yang bergelar di atas master.
Mr. Li jin Yuan telah mencanangkan Tianshi memasuki kelompok 500 Perusahan Terbaik di dunia yang dikenal dengan sebutan Fortune 500. Untuk mewujudkan langkah besar tersebut, Li jin Yuan menerapkan teori interaksi enam jaringan (six network interaction theory), new swap and alternative theory, dan new supermarket theory. Selain itu, Tianshi ikut aktif memberikan bantuan kepada masalah-masalah kemanusiaan di berbagai Negara. Total nilai donasi Tianshi telah mencapai 1,384 miliar RMB, sekitar 200 juta dolar Amerika (sekitar Rp 1,86 triliun) yang disalurkan kepada korban bencana dan berbagai kegiatan amal untuk kesejahteraan masyarakat di di seluruh dunia.
Visi      : Berada di deretan terdepan dalam industri penjualan langsung dunia. 
Misi     : Menyediakan bagi para konsumen dunia produk berkualitas dan kesempatan pendidikan dan kesejahteraan, meningkatkan kualitas hidup, dan membangun sebuah masyarakat internasional yang harmonis.
Filosofi Bisnis : Memberi kontribusi kepada masyarakat dengan memulihkan
                          kesehatan umat manusia.
Perusahaan berteknologi tinggi, Tianshi Group berdiri pada tahun 1992. Tianshi Group berkantor pusat di Henderson Centre Beijing dan memiliki pabrik di pusat Industri Teknologi Modern Tianjin dengan bangunan seluas 120.000 m2 di atas tanah seluas 68.000 m2.Pada tahun 1995, Tianshi mengadopsi system network marketing yang membuat peningkatkan omset penjualan dari 630 juta Yuan (88,20 juta dolar AS) pada 1997 menjadi 2,12 miliar Yuan (297 juta dolar Amerika) dalam waktu setahun, naik lebih dari dua kali lipat.Tahun 1998, Tianshi mulai berekspansi ke pasar internasional. Tianshi membuka kantor pemasaran ke beberapa Negara utama di dunia seperti Amerika Serikat, Kanada, Rusia, Asia Pasifik, dan kawasan Eropa.Pada tahun 2001, Tianshi membuka kantor pemasaran di Indonesia. Saat ini, jaringan pemasaran Tianshi sudah meliputi di lebih dari 190 negara.Tahun 2007, Tianshi mengembangkan Supermarket MLM pertama di dunia dengan image Banner Store. Di Indonesia, Banner Store sudah dibuka di enam kota: Jakarta, Surabaya, Denpasar (Bali), Bandung, Medan, dan Pekanbaru. Rencananya, di setiap kota dimana ada kantor Tianshi akan dibuka Banner Store. Saat ini sudah ada sekitar 13 kantor Tianshi di 13 kota besar di Indonesia. Tianshi merencanakan membuka lebih dari 1000 Banner Store di seluruh dunia.
Presiden Tianshi Li Jin Yuan telah menetapkan strategi untuk membawa Tianshi Group masuk dalam jajaran 500 perusahaan terbesar di dunia, Fortune 500.Tianshi bekerjasama dengan Microsoft dalam mengembangkan produk Kartu Multifungsi (e-wallet) yang akan mendukung perkembangan bisnis para anggotanya.Tianshi berkerjasama dengan perusahaan lokal untuk mengembangkan dan memasarkan produk-produk lokal yang berkualitas dunia ke pasar internasional.Bersama WHO melakukan pengembangan penelitian produk yang dapat membantu dan mencegah penyebaran penyakit AIDS.
  1. K-Link
K-Link Indonesia adalah salah satu anak perusahaaan dari K-Link International, sebuah perusahaan yang telah berkembang dan beroperasi di 46 negara. Kami bangga menjadi perusahaan penjualan langsung yang giat, idealis, dan strategis, dengan tujuan menciptakan situasi ‘win-win’ untuk distributor, pelanggan, staf, mitra dagang dan rekan bisnis kami.Kami beroperasi di dalam industri yang sangat kompetitif dan menantang, yang terus-menerus berkembang. Oleh karena itu, sangat penting bagi kami untuk tidak berhenti pada pencapaian kami. Kami terus mengembangkan metode baru dan sarana untuk kemajuan yang berkelanjutan, memberikan para distributor dan pelanggan di seluruh dunia kepercayaan dan keyakinan bahwa K-LINK benar-benar ‘Your Global Link’.
Produk dan bisnis yang kami jalani merupakan yang terbaik di industri ini. ‘Unity is Power’ merupakan landasan yang kami jadikan haluan untuk menjalankan bisnis yang sangat menguntungkan ini. Kami selalu percaya bahwa keberhasilan dapat diraih dengan kerja sama tim yang sangat kuat. Budaya seperti inilah yang selalu kami upayakan untuk tumbuh dalam perusahan kami. Produk kami terdiri atas produk suplemen kesehatan, perawatan tubuh, kecantikan, UIE, serta beberapa produk perawatan kendaraan bermotor dan rumah tangga. Beberapa dari produk kami yang sudah banyak dikenal masyarakat antara lain, K-Liquid Chlorophyll, K-OmegaSqua Plus dan Ayurveda Series.
K-LINK memiliki sistem yang terbukti mampu menaikan kemampuan para Distributor, agar dapat berhasil di bisnis yang menguntungkan ini. Dengan lebih dari 2,4 juta anggota membuktikan bahwa K-Link Indonesia merupakan salah satu perusahaan Multi Level Marketing terbesar di Indonesia. Kami terus tumbuh dan berkembang dan terus berusaha untuk menjadi perusahaan Multi Level Marketing yang dominan di Indonesia.
           
  1. CNI
PT Citra Nusa Insan Cemerlang (PT CNI) berhasil berkarya hingga mencapai usia 30 tahun di bumi Indonesia. Sebuah pencapaian yang patut disyukuri sekaligus menandakan kematangan dan kemantapan suatu perusahaan yang solid. Sungguh …suatu Langkah Pasti !CNI lahir di Bandung pada tanggal 1 Oktober 1986 dengan produk pertamanya Sun Chlorella A dari jepang. Sejalan dengan waktu, CNI terus memasarkan produk•roduknya yang berkualitas tinggi. Hingga kini, CNI juga telah memiliki puluhan kantor cabangdan cabangpembantu,serta ratusan Distribution Center yang tersebar di seluruh Nusantara.
Bekerja sama dengan PT Sukses Abadi Farmindo yang berlokasi di Tangerang dengan luas 12.600 m2 dan telah memiliki standar Hazard’s Analysis Critical Control Point (HACCP) & Cara Pembuatan Obat yang Baik ((P013), sudah lebih dari 8o% produk CNI diproduksi di dalam negeri. Beberapa produknya bahkan sudah diekspor ke manca negara.Dalam rangka memperluas jaringan di pasar internasional, didirikanlah CNI Corporation di Malaysia untuk melakukan ekspansi ke manca negara. seperti Singapura, Hong Kong, India, Brunei, Filipina, Taiwan, Cina, Nigeria dan Thailand. Segera menyusul negara-negara lainnya.Untuk menunjang kualitas produk, CNI Corporation telah mendirikan pusat riset dan penelitian di berbagai negara. Untuk menunjang produksi di luar negeri, CNI juga telah membangun pabrik-pabrik di Malaysia, Cina dan Taiwan.
  1. Amway
Berawal dari dua sahabat di Michigan Barat yang memiliki impian untuk memperbaiki kehidupan keluarga mereka. Kedua sahabat ini, Jay Van Andel dan Rich De Vos, memulai bisnis mereka di tahun 1950 dengan menjual produk suplemen kesehatan NUTRILITE dari pintu ke pintu.Apa yang mereka temukan 50 tahun lalu, ternyata berlaku hingga saat ini, yakni Manusia dan Hubungan diantara mereka adalah inti kesuksesan suatu bisnis. Dengan membangun kepercayaan konsumen, bisnis Nutrilite mereka tumbuh. Tahun 1959, Rich, Jay dan beberapa sahabat mereka mencari ide produk baru untuk pengembangan usaha. Hasilnya adalah produk pembersih rumah pertama Amway, saat ini dikenal sebagai LOC (Liquid Organic Cleanser) Multi-Purpose Cleaner, yang menjadi kisah sukses penjualan dan membuka sebuah peluang besar

Comments